Personal Computer (PC)


Personal Computer (PC) merupakan sebuah perangkat komputer yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Personal Computer sangat luas penggunaannya, yang mampu menjalankan bermacam-macam program dengan aplikasi yang luas mulai dari pemakaian pengolahan data sampai program manipulasi data. Dari program tingkat rendah (Low Level Language) seperti bahasa Assembler sampai program berbahasa tingkat tinggi (High Level Language) seperti Fortran, Pascal, C, dan lainnya.

Personal Computer mempunyai konfigurasi perangkat keras yang terbagi menjadi tiga bagian fungsional. Ketiga bagian tersebut adalah CPU (central processing unit), memori (RAM dan ROM), dan unit input/output.

Memori digunakan untuk menyimpan kode biner dari instruksi yang akan dijalankan oleh CPU, juga digunakan untuk menyimpan data. Memori ini dapat berupa RAM yang hanya dapat menyimpan program atau data secara sementara atau ROM yang dapat menyimpan program atau data secara tetap. Unit input/output (I/O) memungkinkan CPU untuk menerima data dari luar atau mengirim data keluar. Central processing unit (CPU) berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinasi seluruh kegiatan komputer. CPU akan menjemput instruksi dari memori, dan menterjemahkan kode biner menjadi aksi yang bersesuaian. Pada saat ini, dalam mewujudkan suatu CPU digunakan mikroprossesor.
Untuk menghubungkan bagian-bagian pada sistem komputer digunakan bus. Pada dasarnya bus ini terbagi atas tiga bagian , yaitu bus alamat, bus data, dan bus kontrol.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.