Programmable Peripheral Interface 8255 (PPI 8255)

Pada Personal computer (PC) terdapat slot-slot yang dapat digunakan sebagai unit input/output dengan memasang rangkaian antarmuka (interface) pada slot tersebut. Rangkaian antarmuka dapat dipasang pada sembarang slot yang belum ditempati oleh rangkaian antarmuka lain, karena slot pada PC tidak di-decode oleh rangkaian di dalam system board PC.Salah satu rangkaian antarmuka yang digunakan secara luas pada berbagai sistem mikroprosesor adalah PPI 8255 (Programmable Peripheral Interface 8255). IC ini dapat diprogram dan mempunyai 24 bit I/O yang terorganisasi menjadi 3 port 8 bit dengan nama port A, port B, dan port C.

Konfigurasi masing-masing pin PPI 8255, yaitu:
Data bus buffer
Blok ini merupakan suatu buffer 8 bit 2 arah yang digunakan untuk menghubungkan PPI 8255 dengan sistem bus data dari slot ekspansi pada komputer. Data informasi dan control word ditransfer melalui blok ini.
Read/Write dan Pengendali Logika (Logic Control)
Fungsi dari blok ini adalah untuk mengatur semua lalu lintas data dan control word, baik eksternal maupun internal. Blok ini menerima masukan dari bus alamat dan bus kontrol komputer, dan juga memberikan perintah pada kedua group kontrol.
CS, Chip Select, Aktif Rendah
Pin masukan ini digunakan untuk mengaktifkan PPI 8255 agar dapat berhubungan dengan komputer. Komunikasi antara PPI dengan komputer baru diperbolehkan setelah masukan CS diberikan aktif rendah.
RD, Read, Aktif Rendah
Apabila sinyal aktif rendah diberikan pada pin ini, maka PPI 8255 akan mengirim data ke komputer melalui bus data. Hal ini berarti komputer membaca data yang ada pada PPI 8255.
WR, Write, Aktif Rendah
Bila pin ini diberikan sinyal aktif rendah , maka PPI 8255 akan menerima data atau control word melalui jalur data dari komputer.
A0 dan A1
Pin ini digunakan untuk memilih port mana yang aktif. Kaki ini dihubungkan dengan LSB dari bus alamat komputer yaitu bit rendah A0 dan A1.
Reset, Aktif Tinggi
Digunakan untuk mereset register kontrol dan semua port-port yang ada (port A, port B dan port C) diset sebagai mode masukan.
Pengendali Group A dan Group B
Blok ini berfungsi untuk mengontrol port-port sesuai dengan control word yang dikirim oleh komputer. Jadi komputer mengirimkan control word yang kemudian diterima oleh pengendali group untuk mengontrol bekerjanya port-port PPI 8255 tersebut. Kontrol group A mengendalikan port A dan port C bagian atas (C4-C7), sedangkan kontrol group B mengontrol port B dan port C bagian bawah (C0-C3).
Port A dan Port B
Port ini masing-masing merupakan port dengan 8 bit keluaran latch/buffer dan 8 bit masukan buffer.
Port C
Port ini merupakan port dengan 8 bit data keluaran latch/buffer dan 8 bit data masukan buffer. Port ini dapat dibagi menjadi dua group masing-masing terdiri dari 4 bit (port C bagian atas dan port C bagian bawah), tergantung dari mode operasi yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.